Rabu, 11 Oktober 2017
A.
Konsep dan Hakekat Pembelajaran Portofolio
Pembelajaran
portofolio adalah sebuah inovasi dalam pembelajaran Pkn sebagai wujud nyata
dari pembelajaran konstektual. Pembelajaran portofolio mengandalkan keaktifan
siswa untuk terjun ke lapangan guna menghubungkan antara tekstual dengan
konstektual dibawah bimbingan guru guna memperoleh sebuah pengalaman langsung
yang hasilnya harus disajikan dikelas oleh masing-masing kelompok siswa dengan
masalah yang dipilihnya.
1.
Pengertian Portofolio
Portofolio berasal dari Bahasa Inggris portofolio, berarti kumpulan hasil
karya siswa yang menyajikan kemajuan, pencapaian dan prestasi masing-masing
siswa yang mencakup partisipasi siswa dalam memilih muatan portofolio, kriteria
seleksi, kriteria penilaian, dan fakta-fakta yang menggambarkan diri para
siswa.
Portofolio adalah suatu koleksi pribadi hasil pekerjaan seorang siswa
(bersifat individual) yang menggambarkan (merefleksi) taraf pencapaian,
kegiatan belajar, kekuatan, dan pekerjaan terbaik siswa tersebut. Ciri dari
koleksi ini dinamis, selalu bertumbuh dan dinamis.
B.
Langkah-langkah
model pembelajaran portofolio
Model pembelajaran portofolio merupakan salah satu model yang menekankan
kegiatan belajar siswa untuk aktif dan kreatif. Dalam hal ini, siswa harus peka
terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah atau di sekitar tempat
tinggalnya dan ikut serta berusaha untuk mencari dan menyelesaikan
masalah-masalah yang terjadi tersebut dengan cara-cara yang positif.
Langkah-langkah model pembelajaran berbasis portofolio menurut Center For
Civic Education (2002:55-7b) yaitu sebagai berikut :
1.
Mengidentifikasikan
masalah yang ada dalam masyarakat.
Pada kegiatan langkah ini terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan guru
bersama siswa, yaitu mendiskusikan tujuan, mencari masalah apa sajayang siswaketahuitentangmasalah-masalah di
lingkungansekolahdanmemberitugaspekerjaanrumahtentangmasalah-masalah yang ada
di lingkungansekitartempattinggal yang merekaanggappentng.
DijelaskanolehDasimBudimansyah (2002:14),
dalamtahapiniperludiawaliolehdiskusikelasgunaberbagaipengetahuantentangmasalah-masalah
di masyarakatuntukmengerjakanseluruhsiswahendaknyamembacadanmendiskusikanmasalah
yang ada di dalammasyarakat.Dalambukupanduan guru kami bangsa Indonesia
proyekkewarganegaraan (2009:9) dijelaskanbahwatujuandaritahappertamainiyaitu :
·
Agar
siswamenyadariapa yang merekaketahuitenyangmasalah di masyarakat.
·
Agar
mendiskusikanpermasalahaninidengan orang
tuasiswa.,tetanggaatauanggotamasyarakat lain untukmenemukanapa yang
merekaketahuidanapa yang merekapikirkantentangpermasalahnini.
·
Mengumpulkaninformasi
yang cukupuntukmemilihmasalah yang disepaktiolehmayoritassiswa.
Padatahapinisiswadiberikankebebasanuntukmemilihmasalah-masalah yang
terjadi, baik di lingkungansekolah, masyaraktmaupunmasalah yang
menyangkutstandar.
Berangkatdaritujuandiatasdalamtahapiniterdapattigakegiatanutama yang
dilakukanolehsiswa, yaitusebagaiberikut :
a. Diskusikelas
Untukmengerjakankegiataninisiswadirangsangoleh guru
untukmembacadanmndiskusikankebijakan-kebijakanpublik yang ditemukan di
sekolahdansekitartempattinggalnya.Kemudiankelasdibagikedalamsekelompokkecil,
dimanakelompokkecilinibertugasuntukmenemukansatumasalah yang paling kritis yang
berkenaandengankebijakan public.
b.
Diskusikelompok
c.
Tugaspekerjaanrumah
Tugasinibertujuanuntukmembanyusiswamenambahlebihbanyakinformasi yang
cukupmengenaimasalah-masalah yang menyangkutkebijakan public
sertaketersediaansumberinformasi yang
akandijadikanrujukanuntukmemecahkanmasalah.
Tugaspekerjaanrumahinidiantaranya :
·
Tugaswawancara
·
Tgasmencariinformasidari
media cetak
·
Tugasmencariinformasimelalui
radio dan televise
2.
Memilihmasalahuntukkajiankelas
Sebelummemilihmasalah yang
akandikajihendaknyaparasiswamengkajiterlebihdahulupengetahuan yang
merekamemilikitentangmasalah-masalah di masyarakat, denganlangkahseagaiberikut
:
·
Mengkajiinformasi
yang telah di kumpulkan yang dianggap paling penting.
·
Mengadakanpemilihansecarademokratistentangmasalah-masalah
yang akanmerekakajidenganmemilihsatumasalah.
3.
Mengumpulkaninformasitentangmasalah
yang akandikajiolehkelas.
Langkah-langkahdalamtahapiniyaitu :
a.
Mengidentifikasisumber-sumberinformasi
·
Dalamlangkahini,
guru hendaknyamengarahkansiswapadadiskusitentangsumberinformasi yang
diperlukanuntukmemecahanmasalahyngtelahdipilih, guru jugamenganjurkan agar
parasiswaberbagipengetahuantentangsumberdanpengalaman yang
mungkintelahdikuasaidandapatditanyakandengansumber-sumber yang
dapatdihubungiuntukmendapatkannformasi yang berkenaandenganmasalah yang
dipilih.
b.
Tinjauulangpedomanuntukmemperolehdanmendokumentasiinformasi.
c.
Pengumpulaninformasi.
4.
Menegmbangkan
portofolio kelas
Dalampanduan guru “kami bangsa Indonesia…..” proyekkewarganegaraan
(2000:12) dijelaskanbahwalangkah-langkah yang harusditempuhpadatahapiniyaitu :
a.
Kelasdibagikedalamempatkelas
b.
Guru
mengulastugas-tugasrinciannyauntukportofolio
c.
Gunakaninformasi
yang dikumpulkanolehtimportofolio
d.
Membuatportofolio.
C.
Spesifikasi
pembelajaran berbasis portofolio
1.
Seksi
Penayangan
Seksi ini bertugas mengoordinir penayangan yang ditempatkan pada lembar
panel atau poster yang terbuat dari papan busa, kardus atau papan yang sejenis
dengan ukuran kurang lebih satu meter persegi atau bentuk lainnya sesuai dengan
daya kreativitas siswa. Bahan yang ditayangkan dapat berupa
pernyataan-pernyataan tertulis, daftar sumber, peta graft, photo, karya seni
asli, gambar, dll.
Bagian ini hendaknya memuat hal-hal berikut:
a.
Rangkuman
masalah secara tertulis
Tinjau
ulang bahan yang dikumpulkan oleh tim peneliti. Tulislah penjelasan masalah
tidak lebih dari dua halaman dengan titik dua spasi. Rangkum semua yang
dipelajari dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan.
b.
Penyajian
masalah dengan grafik
Penyajian
ini dapat meliputi peta, grafik, photo, kartun politik, judul surat kabar,
tabel statistik, dan ilustrasi lainnya. Ilustrasi dapat saja berasal dari
sumber-sumber cetak atau hasil karya asli. Setiap ilustrasi hendaknya memiliki
judul halaman atau bab.
c.
Identifikasi
sumber-sumber informasi
Identifikasi
sumber-sumber yang telah digunakan pada satu atau lebih halaman, kemudian
diketik rapi.
2.
Seksi
Dokumentasi
Seksi
dokumentasi bertugas mengoordinir bahan-bahan yang paling baik untuk
didokumentasikan atau memberi bukti penelitiannya. Bahan-bahan tersebut
mewakili contohcontoh penelitian terpenting dan atau bermakna yag telah
dikerjakan siswa.
Label: PPKN KELAS VI
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)
