Rabu, 11 Oktober 2017
A.
Makhluk Hidup dan Kehidupan
Standar
Kompetensi:
1. Mengenal
bagianbagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
Kompetensi
Dasar:
1.1 Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan
a.
Materi:
Hewan dan Tumbuhan di Sekitar Kita
1) Bagian
Utama Tubuh Hewan dan Tumbuhan
a) Mengenal Bagian Tubuh Hewan
i.
Bangsa serangga
Kupu-kupu
termasuk golongan serangga contoh golongan serangga ada semut belalang kecoa
dan lebah jenis serangga mempunyai enam kaki.
ii.
Ikan
Ikan binatang di air
berjalan dengan sirip dan ekor sirip untuk berjalan ekor untuk berbelok ikan
ada yang bersisik tapi ada yang tidak bersisik ikan gurami bersisik ikan lele
tidak bersisik.
iii.
Bangsa Ular
Ular
berbentuk memanjang, ular tidak mempunyai kaki, ular bergerak dengan perut,
ular termasuk binatang bahaya, karena, kalau menggigit beracun, racun keluar
melalui taring.
iv.
Bangsa Burung
Setiap
burung mempunyai kaki sayap paruh, kaki berguna untuk berjalan, sayap berguna
untuk terbang, paruh berguna untuk mematuk, burung mempunyai ekor, ekor berguna
untuk membantu terbang.
b) Menggambar
Hewan dan Memberi Nama pada Hewan
i.
Menggambar kucing
ii.
Menggambar burung
iii.
Menggambar ikan
c) Meniru
Suara Hewan
i.
Sapi
ii.
Kucing
iii.
Itik
iv.
Kambing
v.
Angsa
vi.
Ayam jantan
vii.
Katak
2) Bagian
Bagian Utama Tumbuhan
Akar
adalah bagian utama tumbuhan. Akar terletak paling bawah. Akar
di dalam tanah, akar berfungsi menyerap air. Akar dari dalam tanah.
Di atas akar ada
batang, ada batang yang tidak bercabang , misalnya
jagung pepaya pisang kelapa, ada batang yang bercabang, misalnya pohon mangga jambu jeruk rambutan.
Tumbuhan
memiliki daun, pada umumnya daun tumbuhan berwarna hijau , daun,
berguna untuk memasak makanan, bentuk daun bermacam
macam , ada yang menyirip dan yang menjari.
Kompetensi Dasar:
1.2 Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari
biji menjadi tanaman)
a.
Materi:
Pertumbuhan Hewan dan Tanaman
1) Pertumbuhan
pada Hewan
a) Pertumbuhan
Ayam
Telur ayam menetas
menjadi anak ayam, anak ayam berbulu
lembut, anak ayam, sangat lucu, setelah beberapa minggu, anak ayam berubah,
bulu bulu halus hilang, berganti bulu
besar, tubuhnya juga semakin besar, betina mempunyai
ekor pendek, jantan mempunyai ekor panjang
b) Pertumbuhan
Kambing
Anak kambing baru
lahir, tubuhnya kecil, baru belajar berdiri dan berjalan, beberapa minggu
berjalan pelan, tubuhnya mulai membesar, anak kambing mulai berlari, tubuhnya
semakin kuat dan besar, beberapa bulan berikutnya, anak kambing membesar
seperti induknya, semua hewan mengalami pertumbuhan
2) Pertumbuhan
pada Tumbuhan
Anto
menanam kacang tanah menggunakan tempat tanah basah, kacang tanah tumbuh dengan
akar diikuti dengan tunas. Pertumbuhan kacang tanah pada hari berikutnya batang
dan daun beberapa hari tumbuh tinggi besar.
b.
Kesulitan: Ada
sedikit masalah dalam menyampaikan materi ini dikarnakan masa pertumbuhan itu
sangat lama, dan kita harus menunjukan pertumbuhan pada hewan dan tumbuhan
tersebut kepada siswa.
c.
Solusi: Adapun solusi yang kami dapat gunakan yaitu dengan
menggunakan media gambar, membawa secara langsung hewan atau tumbuhan tersebut.
Kompetensi Dasar:
1.3 Mengidentifikasi
berbagai tempat hidup makhluk hidup
(air, tanah dan tempat lainnya)
a.
Materi: Tempat
Hidup Makhluk Hidup
1)
Tempat Hidup Hewan
a)
Hewan yang hidup di
darat
Hewan
yang hidup di darat disebut juga hewan darat, misalnya singa, gajah, kelinci,
ayam, kambing, itik, sapi.
b)
Hewan yang hidup di air
Hewan yang hidup di air
disebut juga hewan air, misalnya ikan, kerang, cumi-cumi.
c)
Tempat Hidup Tumbuhan
·
Tumbuhan yang Hidup di
Darat
Tumbuhan yang
hidup di darat disebut juga tumbuhan darat, misalnya pohon mawar, pohon papaya,
pohon pisang.
·
Tumbuhan yang hidup di
arir
Tumbuhan yang
hidup di air disebut juga tumbuhan air, misalnya eceng gondok, teratai, rumput
laut.
·
Tumbuhan yang Hidup
pada tumbuhan Lain
Misalnya seperti
benalu, tali putri.
Kompetensi Dasar:
1.4 Mengidentifikasi
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
a.
Materi:
Keterkaitan Hewan dan Tumbuhan dengan
Kehidupan Manusia
1)
Hewan yang
Menguntungkan manusia Misalnya sapi, kambing, ayam.
2)
Hewan yang merugikan
manusia Misalnya
ulat, tikus, belalang
3)
Hewan yang membahayakan
manusia Misalnya
nyamuk, ular.
4)
Tumbuhan yang menguntungkan
manusia Misalnya
padi, tanaman obat, tanaman mangga, jagung.
b.
Masalah :
masalah yang kami temui dalam menyampaikan materi ini adalah kesulitan dalam
menyampaikan hewan yang merugukan dan hewan manusia. Kesulitan ini yaitu
dikarnakan siswa belum tentu pasti mengetahui apa saja contoh kerugian manusis
yang disebabkan oleh hewan.
c.
Solusi :
Dengan membawa suatu bukti atau contoh dari sebuah daun yang telah dimakan ulat
kemudian dijelaskan kepada siswa.
B.
Bentuk dan Wujud serta Kegunaan Benda
Standar
Kompetensi :
2. Mengenal
berbagai bentuk benda
dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya.
Kompetensi Dasar :
2.1
Mengidentifikasi ciri–ciri
benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
a. Materi
: Ciri
Benda Padat dan Cair
1) Zatpadat
a)
Bentuknya tetap dan
tidak akan berubah
b) Mempunyai
volume yang sama atau tetap
c) Letak
molekulnya sangat berdekatan dan teratur
d) Gerakan
molekul terbatas
2) Zat
cair
a)
Bentuk selalu
berubah-ubah sesuai dengan tempatnya
b)
Volume zat cair tetap
c)
Letek molekulnya
berdektan
d) Gerak
molekulnya agak bebas
3) Zat
gas
a)
Bentuk dan volumenya
berubah sesuai dengan tempatnya
b)
Letak antara molekulnya
sangat berjauhan
c)
Selalu memenuhi ruangan
Karen gerak molekulnya sangat bebas.
b.
Masalah :
Masalah yang kami temui dalam menyampaikan materi ini yaitu menjelaskan
sebagian dari ciri-ciri benda tersebut baik padat,cair, dan gas. Terutama saat
menyampaikan mengenai konsep molekul, menurut kamu siswa akan kesulitan dalam
memahami dari molekul tersebut.
Kompetensi
Dasar
2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung)
akibat dari kondisi tertentu
a.
Materi
: Perubahan bentuk dan wujud benda Perubahan bentuk benda:
1)
Kayu menjadi meja, kursi, lemari
2)
Kaca menjadi gelas,
piring, toples
3)
Kain menjadi baju, sapu tangan, celana
Dalam kehidupan sehri-hari kita dapat menyaksikan sendiri bahwa es yang padat dapat menjadi air, air
dapatmenjadiuap air, danuap air di
udara dapat
pula mengembun menjdi
air kembali.
1) Peristiwa
perubahan mujud dari padat ke cair disebut mencair Contohnya: es yang
mencair, lilin yang mencair
2) Peristiwa
perubhan wujud cair ke gas disebut menguap Contohnya: minyak wangi
yang menguap
3) Peristiwaperubahan wujud dari gas ke cair disebut mengembun Contohnya: uap air di
udaradapatberubahkembalimenjadi air
4) Peristiwa perubahan wujud dari cair kepadat disebut membeku Contohnya: tima mencair karena dipanaskan dapat menjdi pdt kembali
5) Peristiwa perubahan wujud dari padat ke gas disebut menyublin Contohnya: terjdinya salju
Kompetensi
Dasar:
2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya melalui pengamatan
a. Materi : Membuat
daftar benda-benda yang ada disekitar dan menceritakan kegunaan bend-benda
disekitar.
Benda-benda
disekitar sekolah:
1)
Papan
tulis digunakan untuk menulis menggunkan kapur atau spidol
2)
Kursi
digunkan untuk duduk
3)
Lemri
digunakan untuk meletakan buku-buku
4)
Jam
digunkan untuk melihat waktu
C.
Sumber Energi dan Kegunaannya
Standar
Kompetensi :
3.
Mengenal berbagai
sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
dan kegunaannya
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengidentifikasi
sumber-sumber energi (panas, listrik,
cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
a.
Materi
: Sumber Energi
1) Sumber
Energi Panas
Energi
adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja. Sumber energi adalah segala
sesuatu yang dapat menghasilkan energi. Api juga termasuk sumber energi panas.
Kayu yang dibakar akan menghasilkan panas, kertas yang dibakar juga
menghasilkan panas.
2) Sumber
Energi Listrik
Sumber
energi listrik menghasilkan arus listrik. Ada listrik yang bertegangan tinggi.
Ada pula yang bertegangan rendah.
Ada
beberapa macam sumber energi listrik, misalnya pembangkit listrik, baterai,
aki, dan dinamo. Pembangkit listrik menghasilkan listrik yang bertegangan
tinggi. Pembangkit listrik mengalirkan listrik ke rumah-rumah. Hampir setiap
rumah terpasang jaringan listrik.
3) Sumber
Energi Cahaya
Sumber
energi cahaya menghasilkan cahaya. Kita dapat melihat benda karena adanya cahaya.
Matahari
adalah sumber energi cahaya yang utama. Energi cahaya dari mataharimenerangi
bumi. Kita dapat melihat benda-benda dan pemandangan.
Api
juga termasuk sumber energi cahaya. Yala api menerangi daerah sekitarnya.
Pernahkah kalian menyalakan lilin? Daerah di sekitar lilin tentu menjadi
terang.
4) Sumber
Energi Bunyi
Sumber
energi bunyi menghasilkan bunyi. Setiap saat kita mendengar bunyi. Bunyi dapat
berasal dari banyak hal.
Kita
emmiliki pita suara. Saat kita berbicara, pita suara bergetar. Getaran akan
menghasilkan bunyi. Bunyi disebut juga suara. Begitu pula saat kita bernyanyi.
Kita bisa mengenali bunyi jika mampu mendengar. Telingan adalah indera
pendengaran kita. Tanpa telinga, kita tidka mampu mendengar bunyi.
Kompetensi Dasar:
3.2 Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya
a.
Materi
: Pemanfaatan Sumber Energi dan Cara Menghemat Energi
Sumber
energi memberi banyak manfaat bagi kita. Kita membutuhkannya setiap hari.
Penggunaan energi harus kita hemat. Karena jumlah sumber energi amat terbatas.
1) Energi
Listrik
Lampu
menggunakan energi listrik. Lampu yang menyala akan menerangi ruangan. Kitapun
dapat melihat benda-benda dengan jelas. Televisi menggunakan energi listrik.
Televisi dapat menyala karenanya.
Di
rumah sebaiknya cukup menggunakan satu televisi. Televisi dapat ditonton
bersama-sama. Selesai ditonton, televisi dimatikan. Ketika tidak dibutuhkan,
barang elektronik jangan dihidupkan. Nyala radio dimatikan jika tidak
didengarkan. Begitu pula dengan kipas angin.
2) Energi
Panas
Kita
menggunakan energi panas setiap hari. Energi panas terbesar berasal dari
matahari. Panas matahari mampu menghangatkan bumi. Energi panas dari matahari
tidak akan habis.
Berbeda
dengan energi panas dari sumber lainnya. Misalnya, energi panas dari minyak
tanah. Minyak tanah tersedia dalam jumlah terbatas. Jadi, penggunaannya harus
bisa hemat.
3) Energi
gerak
Motor
bergerak dengan bahan bakar bensin. Mesin motor mengubah bensin menjadi energi
gerak. Energi gerak berupa berputarnya ban motor.
Bensin
termasuk bahan bakar minyak. Jumlahnya sangat terbatas. Jadi, penggunaannya
harus kita hemat. Kita menggunakan sepeda untuk bepergian jarak dekat. Dan juga
bisa berjalan kaki. Dengan begitu, kita telah menghemat bahan bakar.
b.
Kesulitan
: Kesulitan yang kami hadapi yaitu menjelaskan tetang
energi gerak dikarnakan kami juga baru tahu bahwa ada mengenai energi gerak.
c.
Solusi: Solusinya yaitu dengan memperagakan suatu alat yang digerakan
oleh guru.
D.
Peristiwa Alam dalam Kehidupan
Standar Kompetensi
4.
Memahami peristiwa
alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
4.1
Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari
a.
Materi
1)
Kenampakan Matahari
Kadudukan matahari
a)
Pagi hari
Matahari terbit di
sebelah timur keadaan gelap berubah menjadi terang
matahari pada mulanya tampak sebagian lama kelamaan
matahari tampak seluruhnya matahari berbentuk lingkaran penuh. apa warna matahari saat terbit bagaimana
keadaan lingkungan saat itu?
b)
Tengah hari
Semakin siang
matahari makin tinggi udara semakin panas akhirnya matahari tepat berada di
atas kepala sinar matahari jatuh di bumi tegak lurus saat itulah biasa disebut
tengah hari
c)
sore hari
Semakin lama
matahari semakin condong ke barat akhirnya matahari terbenam di sebelah barat
keadaan terang berubah menjadi gelap pada malam hari matahari tidak tampak sama
sekali begitulah gerakan matahari setiap hari matahari terbit dan tenggelam
secara teratur itulah bukti kebesaran tuhan yang maha esa oleh karena itu kita
wajib beriman kepadanya jam berapakah
matahari terbit dan tenggelam
Kompetensi Dasar:
4.2.1.1
Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya
a.
Materi :
Matahari dalam kehidupan sehari-hari
1)
Kegunaan panas dan cahaya matahari
Matahari memancarkan panas dan cahaya matahari sebagai
sumber panas utama di bumi manusia hewan dan tumbuhan memerlukan matahari panas
matahari mempunyai banyak kegunaan. cahaya matahari diperlukan tumbuhan untuk
hidup tumbuhan sumber makanan bagi hewan dan manusia hewan dan manusia tidak
dapat hidup tanpa tumbuhan
Label: IPA KELAS II
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)
